14 Nov 2022

JUAL BOILER LAUNDRY DAN INDUSTRI GARMEN

Penggunaan boiler pada industri garmen dan laundry, manufaktur memegang peranan yang penting dalam penyempurnaan proses produksi. Boiler dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk mengalirkan panas dalam bentuk energi kalor ke suatu proses. Berbagai sektor industri yang memerlukan energi panas memanfaatkan boiler. Diantaranya industri garmen, tekstil, proses laundry hotel dan lainnya.

Boiler Laundy pabrik garmen

Dengan berkembang nya teknolgi yang meningkatnya dunia industri, penggunaan sumber energi listrik sebagai energi primer semakin meningkat. kebutuhan energi terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya kegiatan pembangunan ekonomi suatu daerah. Indonesia merupakan salah satu negara ekonomi berkembang yang terus melakukan kegiatan pembangunan di sektor industri. Keberlangsungan suatu industri sangat tergantung oleh energi yang tersedia. Industri pada saat ini mengalami kemajuan yang pesat, perkembangan yang terjadi tersebut tentunya akan menimbulkan persaingan yang ketat antara perusahaan, sehingga sangat diperlukan untuk mengkaji ulang kinerja mesin agar tidak terjadi pemborosan energi. oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang dapat mengubah energi dari bentuk lain menjadi energi listrik.

Pengertian Umum Boiler uap

Pada prinsip kerja boiler adalah terjadinya pembakaran dari bahan bakar sehingga menghasilkan panas. Panas dari bahan bakar kemudian dipakai untuk memanaskan air di dalam boiler sehingga air dapat mendidih dan membuat tekanan dalam boiler meningkat serta steam yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Hasil dari steam itu mengandung tenaga potensial yang nantinya tenaga steam tersebut masuk kedalam pesawat uap dan dirubah menjadi tenaga mekanik, untuk meningkatkan pemanfaatan energi secara lebih efisien dan menekan peningkatan biaya produksi terhadap konsumsi bahan bakar maka kajian mengenai peningkatan performa di boiler merupakan aspek penting karena berkontribusi terhadap efisiensinya.

Standar boiler di rakit dengan matrial bahan baja dan spesifikasi tertentu sesuai ketentuan dalam The ASME Code Boiler yang merupakan standar untuk boiler skala industri. Sedangkan untuk bahan bakar, biasanya boiler dapat menggunakan beberapa jenis bahan bakar, di antaranya:

  • Wood pellet
  • Kayu bakar
  • Batu bara
  • Light oil ( solar)
  • Heavy Oil ( residu)
  • Gas Alam- Natural Gas ( Lpg, Lng, Cng, Pgn)
  • Electrik heater (listrik)

Boiler industri Laundry

Boiler uap Laundry

Pada umumnya usaha laundry, para pengusaha masih banyak yang menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. Namun pengeringan tersebut tidak efektif ketika musim hujan. Dari permasalahan tersebut disalaha satu usaha laundry yaitu “Green yuri hotel Laundry” sudah menggunakan mesin pengering pakaian. Mesin pengering pakaian yang digunakan yaitu merupakan jenis boiler vertikal water tube berbentuk silinder.

Sistem dari Steam Tube Boiler yaitu dapat menghasilkan uap panas pada kondisi temperatur dan tekanan 0- 10 bar. Uap panas yang keluar dari boiler tersebut digunakan untuk memanaskan udara hingga mencapai 120 darajat sesuai kebutuhan, pada sebuah alat penukar panas ( heat exchanger ) berupa koil pemanas. Udara panas inilah yang digunakan untuk mengeringkan dan sitrika uap  pada proses industri garmen atau laundry.

Dengan sistem ini, proses tranfer kalor terjadi tiga Kali, yang pertama adalah transfer kalor dari pembakaran ke air hingga menjadi uap, yang kedua transfer kalor dari uap tersebut ke udara dan yang ketiga tranfer kalor dari udara panas ke strika uap atay pakaian yang akan dikeringkan.

Keuntungan boiler untuk laundry

Boiler kadang tidak banyak manfaatkan oleh para pengusaha laundry rumahan. seringnya boiler untuk laundry lebih banyak digunakan oleh industri garmen, tekstil dan usaha laundry sekala besar. Padahal, jika dipelajari lebih dalam, boiler untuk laundry memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa keuntungan yang mungkin dapat membuat anda.

a.) Untuk proses pengeringan menggunakan boiler lebih efektif karna tidak mengandalkan panas matahari dan hasilknya lebih maksimal.

b.) Untuk proses penghilangan noda cukup efektif

c.) Boiler lebih hemat biaya di bandungnkan menggunakan energy listrik

d.) Pakaian terjaga dan tidak mudah rusah

e.) Pada saat  pencucian atau pengeringan pakaian menggunakan boiler lebih Hemat waktu

f.) Menggunakan boiler lebih aman karna di lengkapi safety pada mesin.

Info Kontak kami :

PT INDIRA DWI MITRA 

Kawasan Pergudangan LAKSANA BUSINESS PARK Blok No. F-009 Jl. Raya Kali Baru, Laksana, Kec. Pakuhaji Tangerang – Banten 15570

Zaenal Arifin

WA: 081385776935

Fax : ‎021 5937 1687

Email : idmarifin2@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamualaikum ada yang bisa kami bantu?
Selamat datang di PT Indira Dwi Mitra Specialist,Fabrikasi Steam Boiler,Thermal oil Boiler,Hot Water Boiler.,Oil gas Burner,KSB Pump, Pipa bakar Boiler dll.